Kenangan: Lagu-lagu kala itu

November 21, 2020

source picture: google. 


Pernahkah kamu sedang jatuh cinta lalu disekelilingmu terdengar lagu-lagu serasa ost sebuah film atau bahkan drama seri? Atau saat kamu sedang patah hati dan menangis tersedu-sedu? Atau hanya terkenang oleh sesuatu di masa lalu saat tidak sengaja mendengar lagu lawas di pinggir jalan maupun saat mendorong troli di supermall? Kalau iya, saya ingin berbagi beberapa lagu yang membuat hidup saya berwarna kala itu beserta kenangan yang saya punya.

Koi Mil Gaya (Film Kuch-kuch Hotahei)

Saya ingat betul posisi saya saat film ini keluar di televisi kesayangan saat itu adalah saat saya masih di kelas 6 SD. Saya yang duduk dideretan para lelaki saat dikelas otomatis selalu menepuk punggung mereka karena tiap saat selalu sisut ala-ala Shah Rukh Khan saat dikelas. Kamipun selalu excited setiap sampai dikelas pagi harinya dan saling bertukar cerita tentang bagian-bagian yang kami suka dari film ini, klik disini untuk mendengar lagunya kembali.

Westlife - Soledad

Lagu ini saya dengarkan saat saya kelas 2 SMP, saat itu saya sedang dirumah teman saya Tika yang memiliki lokasi yang indah dengan sawah disekeliling rumahnya serta kali/sungai didekatnya. Lagu ini kita dengarkan melalui kaset jaman dulu yang awalnya ingin kita gunakan sebagai lagu untuk kontes menari. Tapi karena lagu yang terdengar amat sedih ini, kami hanya mendengarnya saja tanpa tahu arti dari lagu ini apa, lol. Kami yang anak kampung ini meskipun tiap minggunya ada pelajaran bahasa inggris tetaplah tak mengerti apa-apa haha. Saya juga ingat betul saat itu saya suka dengan teman lelaki di kelas kami, dan saat kami mendengarkan lagu ini teman lelaki yang saya suka tersebut kebetulan melewati rumah teman saya itu. Lalu tiba-tiba, teman lelaki ini melucuti pakaian ditubuhnya dan hanya menyisakan celana dalamnya saja untuk kemudian menyeberangi kali dekat rumah teman saya tersebut. Ternyata memang rumahnya ada diseberang kali dan sangat lebih dekat untuk sampai dirumahnya kalau melewati kali ini dari pada harus berputar jauh melewati jalanan biasa, dengar lagunya disini.

Peterpan - Ada Apa Denganmu

Lagu ini membekas diingatan saya saat saya masi di kelas 3 SMP, saya ingat betul teman lelaki saya bernama Wahyu Triyono atau Yono yang selalu mendengar lagu ini di tiap waktu istirahat. Bahkan Yono ini sampai memakai pakaian dan mendadani rambutnya seperti sang Ariel Peterpan kala itu. Saya yang sebenarnya tidak begitu suka lagu ini malah akhirnya ikut suka dan ikutan bersenandung saat sang Ariel versi Kelas 3D SMP saya ini menyalakan MP3nya, klik disini untuk mendengar lagunya kembali.

Drive - Bersama Bintang

Saya kelas 2 SMA kala lagu ini keluar, disaat yang sama saya sedang menjadi kakak tingkat untuk ospek OSIS. Teman saya bernama Nurika saat itu sedang menyukai sahabat saya, entah sahabat yang mana karena ada 2 lelaki yang dia sukai semasa kami sekolah disana. Dia sangat mendalami lagu ini, kami berdua kala itu duduk menatap bintang sambil mendengar lagu ini dari radio, teman saya ini sampai menitikkan air mata saking mendalami lirik yang tersirat didalamnya, lagu disini.

Utopia - Baby Doll & Hujan

Saat itu saya kelas 3 SMA bersama adik kelas saya Shinta yang sedang ingin menginap dirumah saya tibalah dipemberhentian bus kami. Sambil menunggu jembutan yang tak kunjung tiba karena orang tua juga tidak tahu kalau saya pulang -saat itu belum ada handphone untuk sekedar berkomunikasi- maka berjalan kakilah kami berdua sambil menyanyikan lagu ini berdua. Tiba-tiba ada lelaki yang sedang naik motor menggoda kami, tidak mau ambil pusing kami ketawa saja ngakak berdua menertawakan konyolnya lelaki tersebut. Sampai kami berjalan sejauh 3,5 Km dan akhirnya mampir ke sebuah warung dan meminta empunya warung untuk mengantar kami sampai ke rumah saya yang masih berjarak 6,1 Km. Sampai rumah orang tua saya langsung membayar ke ojek dadakan tersebut dan kamipun senang karena sampai di rumah tanpa harus berjalan jauh lagi. Lagunya ini dan ini.

Letto - Sandaran Hati

Saya punya dua kakak perempuan di masa SMA, namanya mbak Ulfa dan mba Fiah. Kami dekat saat saya mulai memasuki semester 2 kelas 1 SMA. Kemana-mana kami selalu bertiga, bahkan kami sudah saling menganggap sebagai saudara kandung saking dekatnya. Mereka berdua sangat berarti dihidup saya, tanpa mereka berdua mungkin saya bukanlah saya yang sekarang. Lagu ini selalu disenangdungkan oleh mereka berdua, terutama mbak Ulfa. Entah mengapa mbak Ulfa ini suka sekali dengan band Letto ini, mungkin karena suara sang vokalis yang halus dan lembut seperti sikap mbak Ulfa yang juga halus dan lembut. Kami mendengar lagu ini bersama, entah saat berangkat ke sekolah sehabis maghrib untuk mengaji dan belajar maupun saat kami berada di asrama. Ah kenangan itu, sungguh takkan tergantikan oleh apapun, ini lagunya.

Laluna - Lara Hati

Lagu ini sering saya mainkan di kantor komunitas saya di Fakultas Ekonomi UMS, Himatansi. Saat malam hari saat itu tahun 2009-2010 internet belum segencar sekarang, hampir setiap malam saya menuju ke FE untuk mencari wifi dan bermain facebook. Kadang juga sambil saya mengerjakan beberapa proposal di kantor himatansi tersebut. Karena ada speaker juga disana, saya mainkan lagu ini dengan kencangnya sampai orang dari komunitas-komunitas lain hafal kalau saya sedang disana saat itu. "Kamu tadi malam di Himatansi ya, soalnya lagu ini kenceng banget kamu mainin disana," pake bahasa jawa.

Semua lagu hitsnya Maroon 5

Saya hampir tidak pernah mendengar lagunya Maroon 5, tapi entah mengapa saat saya diajak karokean oleh sahabat saya Nawang Wulan saya selalu bisa mengikuti lagu ini. Lagu Maroon 5 tidak pernah luput dari daftar lagu-lagu karoke yang kita mainkan berdua. Entah sedang sedih atau senang, lagu Maroon 5 akan selalu mengobati kami berdua di ruangan sempit seharga 25k per jam itu. Lagu-lagunya yang membekas bahkan sempat membuat saya membeli tiket konsernya di Singapura beberapa tahun lalu, baca disini. Bedanya saya hanya sendirian tanpa Nawang yang biasanya bernyanyi disebelah saya.

Ada Band - Nyawa Hidupku & Surga Cinta

Gokil sih lagu ini tuh, saat itu saya masih kelas 2 SMA dan sedang berlatih paskibraka di lapangan kecamatan Sawit Boyolali. Saya yang saat itu suka dengan sahabat saya kesal sekali dengan pacar sahabat saya tersebut, saya sampaikanlah ke sahabat saya tersebut kalau pacarnya selalu mengadu domba saya dan saya menangis setelahnya dan diajak pulang kerumah karena ibu saya mau melahirkan adik saya. Sepanjang perjalanan (dari sekolah ke rumah 2 jam perjalanan naik motor) saya menangis tersedu-sedu diboncengan kakak saya, dan sekeliling saya yang terdengar hanyalah lagunya Ada Band ini, Nyawa Hidup-ku terutama, yang otomatis semakin membuat saya sakit hati dan dunia berasa runtuh. haha. Silahkan klik disini dan disini.

Twice - Signal

Saya bukan penggemarnya Twice, tapi saya ingat betul saat itu saya sedang bersama Devi di Gangchong Rail Bike Korea Selatan. Entah saat itu lagu tersebut baru rilis atau bagaimana, namun disana diputar berulang-ulang lagu ini yang otomatis setiap mendengar lagu ini yang saya ingat adalah saat saya bersama Devi di lokasi tersebut, saat itu Mei tahun 2017 dan sangat lucu sekali karena lagu tersebut membuat mood saya sangat senang ditambah pemandangan disana yang juga indah. Dan benar, setelah saya cek memang lagu tersebut rilis pada tanggal 10 Mei 2017, bertepatan dengan saat saya di lokasi tadi, dengar lagunya disini.

Boardwalk - I'm to Blame

This song is from him, the boy I loved. I didn't expect he would come and text me because of the relationship we've once had. I realized I have loved him the day I left his country until then he reached me out through my contact and sent me this song. This song was the beginning of the development of my feeling towards him, though he didn't know my feeling, yet this song surely made a change to my life. I was crazy about him but he never knows. We both don't talk anymore now, he has left but the songs he sent to me still here in my youtube playlist, ready to listen to every time I miss him. Boardwalk - I'm to Blame.

♫♫♫

Mungkin masih ada beberapa lagu yang sangat berkesan dikuping saya namun saya sudah tidak ingat sampai nantinya mendengar lagu itu tadi lagi. Kadang kenangan itu akan muncul disaat kita tidak mengharapkannya kan, seperti yang saya tulis didepan tadi misal saat berbelanja di suatu swalayan atau samar-samar mendengarnya dari suatu tempat. Ada banyak sekali lagu-lagu yang menjadi background di perjalanan hidup saya, hingga kadang membuat saya mengingat kejadian bertahun-tahun lalu dan menceritakannya kembali ke seseorang disebelah saya. Mungkin kamupun juga sama, coba ceritakan apakah kamu memiliki lagu-lagu yang sangat berkesan yang juga terdapat kenangan dalam perjalanan hidupmu? (Tulisan dibuat pada 20-10-2020)


You Might Also Like

0 Comments

Bookshelf: Favorite

The Notebook
A Woman Is No Man
A Copy of My Mind
Ayah
Gadis Kretek
Inteligensi Embun Pagi
Gelombang
Amba: Sebuah Novel
Supernova: Akar
Supernova: Petir
Partikel
Cantik itu Luka
Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh
Ronggeng Dukuh Paruk
Pulang
Bumi Manusia

Quotes

“Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri.” Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia

Goodreads

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Umi has read 3 books toward her goal of 12 books.
hide